hati-hati! Pinjol Ilegal Bunga 1-4 % Per Hari, Ini Ciri-cirinya…

Berita Plat AG – Ditengah gempuran kebutuhan masyarakat yang kian meningkat, maka meningkat pula biaya hidup yang harus dikeluarkan. Terlebih jika ada kebutuhan tidak terduga yang harus dikeluarkan, maka kita juga dituntut untuk memutar otak bagaimana agar kita bisa mendapatkan uang tambahan untuk mengatasi masalah tersebut.

Saat kita membutuhkan uang dengan cepat, belum tentu apabila kita meminjam uang kepada teman atau sahabat terdekat akan dipinjamkan. Begitupun jika harus meminjam uang kepada orang tua atau saudara biasanya kita merasa enggan karena sudah sering merepotkan mereka.

Hadirnya masalah ini kemudian memunculkan Pinjaman Online (Pinjol). Pinjol sendiri merupakan sebuah perusahaan yang meminjamkan uang secara online, kita tinggal memberikan data diri dan KTP kita kepada perusahaan tersebut untuk mendapatkan pinjaman uang. Limit dari pinjaman yang kamu dapatkan bermacam-macam dari nominal kecil sampai nominal yang besar.

Saat ini sudah ada ribuan situs pinjol yang menawarkan berbagai pinjaman dengan limit dan bunga yang beragam. Perlu diketahui tidak semua pinjol berlisensi atau legal. Banyak juga pinjol yang bersifat ilegal, dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuanagan (OJK) milik pemerintah.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan lembaga milik pemerintah yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya.

Adapun Ciri-ciri Pinjol yang Ilegal Adalah Sebagai Berikut:

1. Tidak terdaftar atau mendapatkan izin dari OJK.

2. Penawaran Melalui SMS/WA.

3. Bunga dan Denda mencapai 1-4% Perhari.

4. Biaya tambahan lain mencapai 40% dari nilai pinjaman.

5. Jangka waktu tidak sesuai kesepakatan.

6. Minta akses data pribadi yang digunakan untuk meneror peminjam gagal bayar.

7. Penagihan tidak beretika, berupa teror/intimidasi/pelecehan.

8. Tidak memiliki layanan pengaduan dan identitas kantor yang jelas.

Dari beberapa ciri-ciri tersebut hendaknya kita lebih berhati-hati dalam memilih pinjol, bahkan jika bisa jangan sekali-sekali pernah berhubungan dengan pinjol karena akan membuat hidup kita tidak tenang.

Usahakan tidak meminjam uang kepada pinjol, serta jika memang membutuhkan uang mendadak lebih baik meminjam kepada orang kepercayaan, seperti orang tua, kerabat, saudara, ataupun kepada sahabat terdekat kita selain lebih aman juga tidak akan memiliki tambahan bunga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *